Benarkan Batuk Pilek pada Bayi adalah Alergi?

            Selama ini banyak orang yang mencurigai batuk pilek pada bayi disebabkan karena alergi. Padahal sesungguhnya batuk pilek pada usia tersebut lebih sering karena faktor infeksi terutamanya disebabkan oleh virus. Virus yang dapat menyebabkan gangguan pada saluran napas sangat banyak disekitar kita dan mudah sekali menular. Pada orang dewasa atau anak besar seringkali gejalanya sangat ringan tanpa disadari, misal batuk pilek ringan selama 1-2 hari. Tetapi semakin muda usia dimana sistem kekebalan tubuhnya masih rentan dan belum berkembang sempurna, gejalanya akan lebih nyata. Akibatnya batuk pilek pada usia ini berlangsung lebih lama, bahkan bisa sampai 3 minggu! Rata-rata anak balita mengidap infeksi saluran napas bagian atas sebanyak 3-4 kali dalam 1 tahun. Frekuensi ini akan meningkat pada mereka yang memiliki saudara sesama balita atau tinggal di penitipan anak. Oleh karenanya tidak mengherankan jika seolah-olah batuk pileknya tidak sembuh-sembuh. Ujung-ujungnya hal ini dianggap alergi. Pada mereka yang memakai susu formula (sufor) dari susu sapi, seringkali disarankan oleh dokter untuk beralih ke sufor dari soya, bahkan ada pula yang diminta menghentikan pemberian ASI! Berdasarkan penelitian terbaru (Mansoor dan Sharma, 2011), hanya ditemukan 0.08% sampai 0.2% yang menunjukkan perbaikan klinis setelah penggantian sufor dengan soya pada bayi yang memiliki gejala gangguan saluran napas. Lagipula kalau melihat perjalanan alergi, maniestasi (reaksi) alergi berupa gejala saluran pernapasan tidak sering muncul pada usia bayi melainkan pada anak lebih besar.

            Gambar diatas  menunjukkan gambaran perjalanan manifestasi (reaksi) alergi. Dari gambar tersebut jelas bahwa jika anak Anda yang berusia dibawah 1 tahun diduga alergi terhadap susu formula (atau alergen lain seperti lingkungan) maka kecil kemungkinan manifestasi alerginya berupa rhinitis (gejala saluran napas). Contoh lain dari gambar tersebut yaitu reaksi alergi berupa asma tidak lazim ditemukan pada anak dibawah usia  3 tahun, biasanya muncul pada usia diatas 3 tahun. Mengingat ilmu tentang alergi yang sangat kompleks, untuk lebih memahami penyebab, gejala, dan hal-hal yang terkait alergi, disarankan berkonsultasi pada dokter anak sub spesialis alergi.

Ditulis oleh Dr. Ferry Andian Sumirat SpA

Referensi

Mansoor D.K., Sharma, H.P. 2011. Clinical Presentation of Food Allergy, Pediatric Clinical North America , Vol  58, hal 315-326.

Winther dkk, Viral Induced Rhinitis, American Journal Rhinology, vol 12 halaman 17-20

Weinberg E.G. 2005. The Atopic March. Current Allergy & Clinical Immunology Vol. 18, No.1, hal 4-5

Advertisements

4 thoughts on “Benarkan Batuk Pilek pada Bayi adalah Alergi?

  1. Nice Info nih 🙂

    Anakku 5bln, asix, suka bersin, kadang pagi, siang atau malam. Dokter A bilang anakku kemungkinan alergi, turunan dari suami (kemungkinan ada alergi, tapi tidak bersin2 spt anakku). Dokter B bilang, bersin pada bayi wajar, krn mrp mekanisme tubuhnya untuk mengeluarkan virus/yg semacamnya. Anakku sudah ga aku kasih obat alergi lagi dari dokter A.

    Kmrn mbak yg jaga anaku pilek, anaku kyknya ketularan deh, hidung sebelah kirinya ada ingus nya. Aku ga kasih obat. Krn katanya kalo batpil cukup dgn ASI saja. Tapi sampai sudah seminggu ini belum sembuh juga mbak. Apa itu termasuk pilek/alergi ya?

    Baiknya gimana ya mbak? terimakasih 🙂

    • Diagnosis dokter B dah benar menurut pendapat kami. Sebaiknya dijaga dari sumber pilek spt lingkungan yg bersih, pengasuhnya diminta pake masker aja. Kmrn aku batpil, ya maskeran..Alhamdulillah gpp. Selama gk demam, InsyaALLAH gpp. Memang ada kemungkinan anak Mbak alergi, tp reaksi berupa batuk pilek itu nanti umumnya muncul setelah umur diatas 5 tahun (lihat yg rhinitis di gambar tersebut), so kemugkinan besar batpil anak Mbak sekarang karena infeksi akibat virus. O,ya sering2 dibersihkan ruangan, AC dll. Makasih juga Mbak udah mampir 🙂

  2. Kata suami, gak perlu selama pileknya gk mengganggu kualitas hidup, misal tidurnya terganggu. Terkadang bayi pilek memang susah tidurnya malem hari, tp kl siangnya dia jadi mudah tertidur untuk membayar hutangnya maka no worries …:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s