Ragam Susu Formula Bayi dan Peruntukkannya

Penting dibaca!

Artikel berikut tidak serta merta dipandang sebagai dukungan baik implisit maupun eksplisit terhadap pemberian susu formula. Artikel ini bertujuan pada pemberian informasi mengenai beragam jenis susu formula agar orangtua yang memutuskan menggunakan susu formula bersikap bijaksana dalam memilih susu yang tepat sesuai kondisi bayi dan tidak terjebak pada klaim bombastis manfaat susu formula.

 Pendahuluan

Di Indonesia, saat ini begitu banyak beredar berbagai jenis Susu Formula (sufor) mulai dari yang mahal sampai yang relatif murah. Seringkali ibu-ibu yang terpaksa menggunakan susu formula bingung memilih susu formula yang tepat bagi bayinya. Apalagi kadangkala informasi yang didapatkan dari produsen bercampur dengan informasi dagang yang berlebihan

Definisi

Secara definisi formula bayi adalah makanan yang ditujukan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi sebagai pengganti sebagian atau hampir semua dari ASI yang karena sesuatu hal ASI tidak bisa diberikan secara penuh atau sebagian. Karena seringkali bayi hanya boleh mendapatkan susu (dibawah 4 – 6 bulan) maka pembuatan susu formula untuk bayi diawasi dengan ketat. Setiap penelitian  tentang susu formula bayi maka standard emas (golden standard) yang digunakan adalah ASI. Penggunaan susu formula bayi sangat berisiko menyebabkan masalah besar pada bayi bahkan dapat menyebabkan kematian, oleh sebab itu pemasaran bayi diatur dengan ketat (khususnya di negara maju) dan penggunaannya hanya atas rekomendasi dokter.

Klasifikasi Susu Formula Bayi

A. Standar

  1. Bahan dasar susu sapi. Misalnya: SGM, Lactogen, Similac, Enfamil, Bebelove, S26
  2. Bahan dasar soya. Misalnya: Isomil, Prosobee, Alsoy, Nutrilon Soya, SGM soya, Nursoy
  3. Bahan dasar susu kambing

B.  Protein hydrolysates

  1. Partially Hydrolyzed Formula (PHF). Misalnya: NAN HA, Nutrilon Hypoallergenic, Enfamil HA
  2. Extensively Hydrolyzed Formula (EHF). Misalnya: Pregestimil, Nutramigen, Alimentum
  3. Elemental. Misalnya: Neocate, Elecare

C. Premature. Misalnya: Enfacare, NeoSure, SGM BBLR, PreNAN, Enfamil PF

D.  Susu fomula tahap lanjut, untuk batita dan balita

E.  Susu formula khusus. Susu yang dimodifikasi khusus untuk penyakit-penyakit tertentu misalnya: kelainan metabolik, ginjal, kelainan saluran cerna

Berikut adalah bahasan singkat tentang klasifikasi di atas

Standard

Pada prinsipnya seluruh formula bayi yang beredar dipasaran sudah sesuai standar baku yang ditetapkan baik nasional maupun internasional. Pengawasan terhadap formula bayi sangat ketat, hal ini disebabkan semua ahli bahwa ketidak tepatan pemberian nutrisi pada bayi sangat berbahaya bagi kesehatan bayi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berbagai produk formula bayi standard dengan bermacam nama, harga dan promosi. Akan tetapi tidak ada bukti ilmiah satupun yang menyatakan yang satu lebih baik dari pada yang lain.

Formula bayi berbahan dasar soya/kedelai

Penggunaan formula yang berbahan dasar soya ditujukan apabila didapatkan bukti adanya alergi protein susu sapi (CMPA/cow milk protein alergi) akan tetapi faktanya 30 – 64% non-IgE mediated alergy dan 8 – 14% IgE-mediated alergy juga alergi terhadap soya. Oleh karena itu formula bayi yang berbahan dasar soya hanya merupakan pilihan terakhir jenis formula pengganti bagi bayi alergi (pilihan nomor satu adalah elemental, kedua protein hydrolisat). Formula soya bebas dari laktosa sehingga dapat digunakan pada intoleransi laktosa dan galaktosemia.

Pernyataan komite nutrisi AAP (American Academy of Pediatric) tentang formula soya:

Formula soya dapat dipertimbangkan digunakan untuk situasi:

  • Bayi dengan galaktosemia atau defisiensi emzim lactase
  • Bayi dengan orang tua vegetarian
  • Bayi dengan IgE-mediated CMPA

Formula soya tidak bermanfaat pada:

  • Bayi dengan diare tanpa bukti intoleransi laktosa
  • Infantil colic
  • Pencegahan allergy
  • Bayi dengan enteropathy dan enterocolitis yang diinduksi protein susu sapi

Formula bayi dengan Protein hydrolysates

Partially Hydrolyzed Formula (PHF) ditujukan untuk pencegahan alergi pada bayi yang memiliki riwayat alergi pada orang tua. Sedangkan Extensively Hydrolyzed Formula (EHF) ditujukan untuk bayi dengan alergi susu sapi dengan manifestasi ringan atau sedang. Berdasarkan keriteria AAP hanya EHF yang tergolong susu hipoalergenik. Kejadian alergi protein susu sapi cukup jarang 2 – 3 persen, oleh karena itu AAP menyatakan bahwa penggunaan susu hipoalergenik (EHF dan Elemental) harus dengan pertimbangan dokter.

Formula bayi Elemental/Asam amino

Formula elemental digunakan pada alergi susu yang berat. Hanya untuk diketahui susu ini sangat mahal dan sulit dicari.

Formula Premature

Susu formula premature ditujukan agar bayi premature dapat mencapai pertumbuhan mendekati pertumbuhan didalam kandungan. Formula premature diberikan pada bayi dengan berat badan lahir 2000 gram. Susu formula premature sebaiknya dihentikan bila berat badan bayi 2000 gram dikarenakn dapat menyebabkan kebutuhan nutrisi yang berlebihan. Dinegara maju formula premature hanya diberikan dirumah sakit, setelah bayi keluar dari rumah sakit diberikan formula premature transisi. Formula premature transisi memiliki cakupan nutrisi diantara formula premature dan formula standar/mature. Akan tetapi susu fomula ini sulit didapatkan di Indonesia dan belum ada bukti ilmiah yang menunjukan kelebihannya dibanding formula standar.

Penambahan LCPUFA, ARA dan DHA

Long-chain polyunsaturated fatty acids (LCPUFA) meliputi asam lemak essensial, Linoleic Acid, α-Linolenic Acid (ALA), Arachidonic Acid (ARA) and docosahexaenoic acid (DHA). Hampir semua formula bayi saat ini mempromosikan kandungan ARA dan DHAnya terutama yang premium. ARA dan DHA terdapat didalam asi dan merupakan asam lemak  utama yang membentuk retina (saraf mata) dan otak. Penambahan ARA dan DHA pada formula bayi belum memiliki bukti ilmiah yang kuat memiliki kelebihan dibandingkan formula tanpa ARA dan DHA. Beberapa penelitian menunjukan manfaat ARA dan DHA, namun setelah dibuat review (meta-analisis) oleh Cochrane memberikan kesimpulan tidak berbeda, akan tetapi penggunaan ARA dan DHA cukup aman.

Nucleotida

Nucleotida banyak terkandung dalam ASI, dan merupakan metabolit yang membentuk ribonucleic acid (RNA), deoxyribonucleic acid (DNA) dan adenosine triphosphate (ATP). Studi klinik  menunjukan manfaat nukleotida pada pertumbuhan dan modulasi sistim kekebalan tubuh pada bayi kecil menurut masa kehamilan.

Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia Nomor HK.03.1.52.08.11.07235 Tahun 2011 Tentang Pengawasan Formula Bayi Dan Formula Bayi Untuk Keperluan Medis Khusus

Bila kita membaca peraturan BP POM tersebut terlihat jelas bahwa susu formula bayi diatur dalam hal kandungan nutrisi dan pemasarannya. Rincian persyaratan keamanan, mutu dan gizi formula bayi dapat dibaca pada lampiran peraturan tersebut. Kadar zat yang harus ada diatur kadar minimal dan maksimal, begitupula zat tambahan yang boleh ditambahkan.

Bila kita lihat pada bab empat berisi tentang larangan:

Pasal 1.  Pelaku Usaha dilarang:

a. memproduksi dan/atau memasukkan Formula Bayi dan/atau FormulaBayi Untuk Keperluan Medis Khusus ke dalam wilayah Indonesia untuk diedarkan yang tidak sesuai dengan persyaratan sebagaimana diatur dalam Peraturan ini;

b. mencantumkan klaim gizi dan/atau klaim kesehatan pada label Formula Bayi;

c. mencantumkan klaim kesehatan pada label Formula Bayi Untuk Keperluan Medis Khusus; dan

d. mengiklankan Formula Bayi dan Formula Bayi Untuk Keperluan Medis Khusus kecuali diatur lain dalam peraturan perundang-undangan.

Kandungan nutrisi yang boleh ditambahkan antara lain taurin, nukleotida, DHA,  ARA dan Probiotik. Kenapa tidak diharuskan? Hal ini disebabkan para ahli nutrisi sendiri terdapat silang pendapat tentang sejauh mana manfaatnya, efek samping jangka panjang atau bentuk sediaan yang tepat.

Ringkasan.

  1. Untuk bayi sehat dan tidak ada risiko alergi, bila ASI tidak dapat diberikan maka pemilihan formula bayi bebas (mahal-murah sama saja)
  2. Bila bayi sehat dan ada risiko alergi (ayah/ibu/saudara ada riwayat alergi),  bila ASI tidak dapat diberikan maka pemilihan formula bayi pilihlah yang Partially Hydrolyzed Formula (PHF) misalnya: NAN HA, Nutrilon Hypoallergenic, Enfamil HA
  3. Bila bayi menderita alergi protein susu sapi dan ASI tidak dapat diberikan maka pemilihan formula bayi:
    • Pertama: Susu formula elemental (mahal, diutamakan yang alergi berat)
    • Kedua: Extensively Hydrolyzed Formula (EHF) misalnya: Pregestimil, Nutramigen, Alimentum
    • Ketiga: Bila kedua formula diatas tidak dapat diakses maka boleh dicoba dengan formula bayi yang berbahan baku soya.
  4. Untuk bayi dengan masalah kesehatan lain harus dikonsultasikan dengan dokter anak.

Dr Ferry Andian Sumirat, SpA

Daftar Pustaka

  1. Martinez JA and Ballew MP, Infant Formulas, Pediatrics in Review 2011;32;179
  2. Kliegman RM, Stanton BF, Schor NF, Geme JW dan Berhman RE (editor), Nelson Textbook of Pediatric, 19th, 2011;161-164
  3. Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia, Peraturan Nomor HK.03.1.52.08.11.07235 Tahun 2011 Tentang Pengawasan Formula Bayi Dan Formula Bayi Untuk Keperluan Medis Khusus
  4. U.S. Department of Agriculture, Feeding Infants, A Guide for Use in the Child Nutrition Programs, 2002.
About these ads

128 thoughts on “Ragam Susu Formula Bayi dan Peruntukkannya

  1. Dok sya mau tnya.ank saya umur 1bln dgn bb rndah.saya cb dgn su2 bblr tp mlah diare trs saya pke su2 llm mlah cocok tetapi bb bayi saya lama perkembangannya.ada tdk ya su2 bblr yg tanpa lactosa

    • Alo Ibu, mohon maaf agak sukar bagi kami mengambil kesimpulan karena data kurang lengkap spt berat lahir dsbnya. Namun demikian susu llm tdk cocok utk bayi dgn BBLR, bisa jadi itu sebabnya pertumbuhan krg sesuai spt harapan (namun sayangnya tidak tersedia data BB sekarang). Sedangkan susu BBLR sendiri utk bayi lahir berat dibawah 2000 gram, disarankan menggunakan neocate atau pregistimil. Susu ini juga digunakan tdk utk jangka panjang ya. Silakah konsultasi dgn DSA sukur2 bisa ketemu DSA yg konsulen nutrisi. Saran TERBAIK tetap adalah ASI. Usahakan bayi Ibu mendapatkan ASI, jika Ibu saat ini tidak menyusui usahakan RELAKTASI, carilah bantuan konselor laktasi terdekat. Pada masa relaktasi tersebut, bayi Ibu bisa menggunakan donor asi. Terimakasih

  2. dok,bayi sy 6m.sjak lahir smp 5m full asi stlh itu sy combine dgn enfamil krn produksi asi sy berkurang.sjauh ini tdk ada mslah,dok.bbnya minggu ini 7,7kg,kata dsa normal.tp sy lihat anak s tdk semontok wktu full asi dok.apa krn panjangx bertambah atau tidak cocok dr segi kandungan gizi sufornya.sy ingin beralih ke bebelove atau gsm dok,tp takut nanti malah gak cocok/diare.mohon bantuanx dok.

    • Alo Ibu…. ukuran pertumbuhan tidak bisa dilihat dari hanya montoknya saja ya. COba cari di web ini artikel tentang kurva pertumbuhan, lalu Ibu plot sendiri dan lihat apakah anak Ibu memang benar2 TUMBUH atau tidak. Jika sudah tumbuh menurut kami Ibu sudah berada pada jalur yang benar, tidak perlu ‘memaksakan’ diri untuk montok, ya :) Untuk anak normal tidak ada reaksi alergi/intoleransi susu mahal murah kan sama saja, Bu, cuma beda tipis tapi harga bisa beda jauh.

  3. Dok, anak saya skr umur 8 bln. Masih full asi dan sedang mencoba susu formula tapi belum ada yg cocok karna Bayi tidak bisa lepas dari ASI, sedangkan produksi asi sudah mulai menurun. Saya sudah coba Bebelove, Nutricia Royan, S-26, Nan HA. Tidak ada yg masuk. Bayi saya punya riwayat alergi saat umur 3-4 bln lalu beranjak hilang. Susu apa yah kira2 yang menyerupai ASI rasanya?

    • Bayi umur berapa ya? Berat badan berapa? Tidak ada susu formula yang menyerupai ASI, jika ada alergi tentu gunakan sufor khusus seperti tertulis dlm artikel terkait

      • Umur 8bln dok, berat terakhir timbang 7,8kg’an. Alergi saat asi exclusive merah2 bedan terutama muka, gatal2 juga. Tapi setelah 5 jalan 6bln tidak alergi lagi. Belum menukan susu formula yg disuka sampe saat ini.

  4. Dok,anak saya umur 2thn beratnya 11kg dl waktu anak saya berumur 1,5 thn di matanya sebelah kiri tumbuh seperti bisul kemudian berobat katanya lekebihan hormon dan tdk boleh mkn yg berminyak stlh itu bengkaknya berkurang selang 3 bln bengkak lg tetapi di sudut matanya spt ada daging tumbuh kmd berobat malah byk pantangannya tdk boleh mkn coklat,ice cream,kacang,kuning telur,udang dan semacam seafood lainnya kmd saya turuti dan emang benar bengkaknya hilang tp selang 2 minggu mata sebelah kanan yg bengkak dan stlh periksa lagi katanya diminta ganti susu yg low fat…lha saya bingung susu apa yg lemaknya rendah..?terima kasih atas bantuannya

  5. sorry saya lupa mencantumkan susu yg dikonsumsi anak saya wkt bayi anak saya minum susu bmt tp krn buang air besarnya keras mk diganti nutrilon sampai usia 1thn setelah itu sampai sekarang pakai susu sustagen junior…mohon petunjuknya,terima kasih

    • Untuk anak diatas usia 1 thn, pada prinsipnya sudah bisa makan/minum ala orang dewasa yg disesuaikan. Untuk susu, tidak perlu susu khusus seperti yg diiklankan. Coba dengan susu pasteurisasi/UHT low fat, Ibu… banyak tersedia di pasaran kok.

  6. Dok, anak sy umur 11 bln, bb nya 9 kg, sejak lhr dia sering muntah sampe skrg bl di berikan sufor, sy udh cb childmil tp bab nya keras, trus sy ganti dgn frisian flag bab nya malah encer dan skrg anak sy lg diare tp msh saja sering muntah. apa itu bs di katakan anak sy alergi trhdp sufor nya??? trus susu apa yg cocok untuk anak sy yg sering kali muntah…..mohon saran nya, trima kasih..

    • Bisa jadi Bu, bisa jadi anak Ibu intoleransi laktosa pada sufor. Kalau perlu konsul ke DSAnya Bu apa perlu ganti sufor basis soya atau rendah laktosa

  7. Doc, bayi saya cowok usia 2.2 bulan dengan berat 6.5 kg.ketika baru lahir dokter sudah mengatakan anak saya alergi dan di beri susu Nestle nan Ha1.
    untuk awal pub nya encer dan warna kuning emas. beranjak 1 bulan ke atas pub nya jadi hijau tua gelap dan pekat.

    pertanyaan saya, apakah warna pub sprti itu normal?
    seandainya saya mw ganti sufor adakah recomendasinya ? ( karana Nan Ha1 di area saya agak sulit di pasaran,)
    terima kasih

    • Alo Bu, jika memungkinkan coba relaktasi agar anak kembali mendapatkan ASI karena usianya masih sangat memungkikan. Bukan hal yang mudah tapi banyak yang berhasil. Ibu tinggal dimana? Bisa menghubungi konselor laktasi terdekat via AIMI (www.aimi-asi.org)

  8. Doc,bayi sya lahir dgn bb 1,6 kg.dri dokter disarankan mmakai susu bblr.skrg byi sya sdh 4 bulan,dan sya msh menggunakan susu bblr,apakah msh perlu dok?klo tdk apa sufor pengganti susu bblr yg cocok?terimakasih

    • Tidak perlu susu bblr lagi ya Bu. Gunakan saja sufor biasa dulu, jika ada keluhan, maka susu pengganti bisa dibaca di artikel diatas Bu.

      Salam
      Ferry Andian, SpA

  9. Doc, bayi saya cewek umur mau 4bln BB 6,1 kg.Dr wkt lahir smpe skrg minum asi cm skitar +-1bln aj, krn diare n sering muncul bentol2 n akhir nya membekas hitam, merah2 d sikitar perut/tangan/kaki, d wajah nya jg kadang merintisi, dll. Krn banyak yg bilang itu tandanya tdk cocok susu, jd nya sufor nya sering sy gonta ganti, skrg bayi sy diare berlendir n berwarna merah,krn takut knp2 sy ganti sufor nya dgn sufor Anmum Infacare, alkhamdulillah sudah tdk muncul bentol2 merah lg n minum nya lancar, tp diare nya masih tetap. Wkt sy periksakan dokter ngasih obat + susu bebelac FL, sy jd ragu cz sufor Anmum nya kyk nya udah cocok…..Apa bebelacnya mesti sy kasih Doc……tp sy takut ngga cocok lg……Trims B 4…….

    • Ikuti saran dokter Bu karena beliau yg memeriksa secara langsung. Jika Ibu merasa kurang sreg silahkan cari 2nd opinion.

      Salam
      Ferry Andian, SpA

  10. Aslmlkm dok. Dok bayi saya laki2 usia 8 bulan 23 hari berat badan 9,7kg. sejak usia 8 bulan saya mulai menambahkan susu formula. karen saya bekerja, ASI yang saya pompa produksinya mulai berkurang (biasanya bisa 500-600cc perhari, tapi sekarang paling banya 320cc) dan saya tambahkan susu formula nutrilon Royal. Pertanyaan saya, apakah benar dengan produksi ASI 320 cc(diluar menyusui langsung ke si kecil) sudah memenuhi kebutuhan bayi, jadi tidak perlu menambahkan sufor lagi?jika ya, apakah bayi tidak akan kekurangan cairan?anak saya sudah mulai makan bubur,buah, sayur dan biskuit bu. Mohon penjelasannya.terima kasih bu dokter…

    • Alo Bu
      Untuk tahu tidaknya cairan tidak dilihat dari volume minum tetapi minta dicermati pada perilaku anaknya. Adakah ia terlihat haus/kurang minum seperti ingin minum? Jika ya berarti kurang, jika tidak berarti cukup, karena kebutuhan tiap anak berbeda-beda. Tetapi jika Ibu rajin memompa, biasanya cukup, Bu

      Salam
      Ferry Andian, SpA

  11. Dok anak saya umur 6 bulan, umur 0-5 minum sufor Lactogen, habis itu diare di ganti sufor SGM LLM (sufor SGM LLM bener gak hanya untuk diare saja), Setelah Diare sembuh saya ganti Nutribaby tahap2, anak saya timbul bintik2 merah di tangan dan kakinnya dan sekitar dagu, saya baca2 di internet akhirnya saya ganti SGM soya, sikecil tidak mau minum banyak, saya beralih ke Lactogen Klasik pertama kali dia suka besoknya sudah tidak, saya harus gmn dok, dari lahir ASI saya keluar hanya 2 minggu saja. mohon pencerahannya dan penjelasannya, terima kasih

    • Alo Bu,
      Untuk pergantian sufor sebaiknya dikonsulkan ke DSAnya ya Bu. Oya kelainan pada kulit belum tentu karena sufor, perlu diperiksa lebih lanjut

      Salam
      Ferry Andian SpA

      • Iya dok, di tempat saya tidak ada dokter buat konsultasi, sudah 3 kali ini dok saya ke DSAnya, pasti di kasih Obat, saya tanyakan tentang sufornya, selalu ngak apa2 dok. sekarang sufornya NAN HA2 minumnya lumayan dok, bagaimana menurut dokter tentang NAN HA, BAB nya Hijau dan Bau, Tapi Bintik2nya mulai hilang sedikit demi sedikit. mohon pencerahannya dan penjelasannya. terima kasih

  12. Bayi sy b’usia 1 bln…
    wkt lahir BBx hanya 2kg dgn pnjang 40cm,jd dari bidan disarankan untuk memberikan tambahan susu SGM BBLR,tp belakangan ini setiap selesai minum susu tidak lama kemudian dia muntah,sering ngeden seperti mulas dan bunyi nafasnya kadang2 “grok,grok” seperti pilek,tapi jika disedot tidak ada ingus yang keluar…
    Apakah bayi saya tidak cocok dgn susunya atau bagaimana ya???
    Mohon sarannya….Terimakasih

    • ALo Bu

      Gejala yang dialami anak IBu bisa karena alergi susu sapi bisa juga tidak, perlu observasi dan analisis lebih lanjut. Saran kami adalah kembali pada ASI, usia anak 1 bulan masih sangat memungkinkan anak mendapatkan ASI full, bisa baca2 artikel ttg ASI & Menyusui di web ini untuk informasi lebih lanjut. Apapun alasannya susu formula diberikan jika ASI tidak memungkinkan diberikan. Jika Ibu mau memberikan susu formula, silahkan konsul pada Dokter anak.

      Salam

      Dr Ferry Andian SpA

  13. Bu saya mau tanya. Ank saya brumur 1bln.dia saya kasih susu formula sgm,tp bntUk fesesnya jadi keras.selain itU dia sering sekali mengejan.normalKah itu?.mhon jawbAnX .terimakasih!

    • Alo Bu,

      Bisa saja Bu, sebaiknya konsul ke DSA jika memutuskan ganti merek. Saran kami kenapa tidak kembali pada ASI dimana resiko sembelit, alergi dll sangat kecil sekali

  14. dok anak saya umur nya 4,5 bulan bb lahir nya 3,1 kg dan bb nya sekarang 6,0 kg panjang lahir nya 48 cm dan panjang nya sekarang 70 cm…. anak saya tidak asi dari lahir dok karena memang asi saya tidak ada waktu itu…trus saya berikan SGM 1 tapi pas umur 4 bulan banyak tumbuh bisul dan bintik2 merah di leher…. saya ganti dengan SGM soya dan memang bisulnya berkurang tapi apakah pemberian susu soya baik untuk anak dok? trus apakah bb / panjang anak saya normal? soalnya anak sya tidak montok dok….tolong sarannya dok… terimakasih

    • Idealnya susu soya tidak sebagai pengganti sufor tetapi jika tidak ada pilihan ya apa boleh buat…hehehee…

      Utk normal tidak berat badan bisa dicek di artikel kurva pertumbuhan dan status gizi ttg anak di web ini jg..

      Salam

      Dr Ferry Andian, Sp.A

  15. slmt sore, dok anak saya brumur 2bln.tdk mnm asi,meminum susu formula awal minum lactona beberapa hr yg lalu sy ganti lactogen 1gold.tp diare lalu kmbli k susu lactona lg.tp msh diare.bb trun dr 5,6ke5,2 kg. kmdian sy bli SGM LLM+presinutri. diarenya berkurang, apa boleh kl sdh tdk diare minum Sgm LLM tsb? kl tdk ,hrs minum susu formula apa?apa boleh sy ganti Sgm 1?

    • Boleh karena justru SGM LLM tidak utk pemakaian rutin. Bisa ganti dgn SGM 1 dan cermati apakah ada reaksi intoleransi

      Salam

      Dr Ferry Andian, Sp.A

  16. Dok sy ingin tanya, anak sy sbntr lg 1thn, Smpi hr ini masih ASI. Akan tetapi. Produksi asi sdh mulai brkurang. Sy dan suami ada bakat alergi makanan. Susu lanjutan merk apa yg baik dok??? Terimakasih

    • Setelah di atas 1 thn susu tidak wajib selama anak makan dengan cukup nutrisi seimbang. Mengajarkan pola makan yang baik lebih penting dari memberikan susu. Jika hendak memberikan susu sebaiknya yg tidak berasa/plain. Setelah ASI urutannya adalah susu pasteurisasi, susu UHT.

      Salam

      Dr. Ferry Andian, SpA

  17. siang dok…
    Anak saya,izan (2m25d) bb nya sminggu yg lalu 4,1kg. Waktu lahir bb nya 2,4kg. Slama ini full asi. Tp sma bidan d anjurkan ngasih sufor,karna di KMS ada d zona kuning. Saya sih pgnnya ttp asi. Mnurut dokter perlukah pemberian sufor?trimakasih…

    • Untuk ganti sufor atau tidak serta intervensi lain silahkan ke DSA ya Bu, jangan ke bidan karena bidan tugasnya untuk mendeteksi abnormalitas atau tidak, intervensi kewenangan pada DSA. Sementara itu coba Ibu baca cermat artikel di web ini “Sekilas membaca kurva pertumbuhan bayi.. ” Jika anak tetap tumbuh (ada penambahan berat badan) namun pada kurva turun di zona dibawahnya masih bisa ditolerir. ASI nya jangan dihentikan Bu, susui lagi lebih sering, perbaiki pelekatan dll.
      Semangat ASI ya Bu

      Salam

      Dr Ferry Andian, Sp.A

      • mhmm….begitu ya dok.terimakasih atas jawabn n sarannya.
        kalo di lihat dari pertambahan BB tiap bulan sih,masih masuk dalam standartnya WHO (kenaikan perbulan antara 500g-1000g).anak saya usia 1bulan,naik 5ons jadi 2,9kg. Usia 2bulan naik 9ons jadi 3,8kg. Dan skrg blm tau udh naek brapa lagi. Smga aja bisa ada d zzona hijau kms :)

  18. maaf, mau tanya,
    Anak kedua sy, BB lahir 2,6kg. Sampai umur 4 bln, BBnya 5,2kg, tp stelah itu, kenaikan bb-nya sdikit skali, sekarang umur 10bl bbnya 6,1 kg. Makannya susah sekali, diemut tidak mau ngunyah, sampai skrg masih asi, saat sy kerja dibantu sufor krn asip tdk banyak, minumny mauny pake sendok. Sy mau tanya, sufor apa yg pas untk anak sy yg bs menunjang kenaikan bbnya, sy dpt saran s26 pdf, betul tidak?
    Hasil lab atas perintah DSA, smua normal, cuma krn asupan nutrisiny yg kurang,
    Mohon ptunjuknya, terimakasih

    • Masalah utama pada anak Ibu adalah pada pola makan… jadi evaluasi menyeluruh pada pola makan, karena Ibu bekerja jadi kerjasama yang baik dengan pengasuh sangat diperlukan, Ibu meluangka waktu benar2 untuk mengevaluasi pola makan ini termasuk asupan makan, cara pemberian makan, dll. Perlu telaten memang karena saran pada sufor sekalipun tidak menyelesaikan akar masalahnya.
      Untuk sementara bisa menggunakan bubur Pan Entral dicampur dengan ASI.
      Segera dievaluasi ya Bu, agar tidak berlarut-larut kesulitan makan di kemudian hari, karena penanganan akan semakin sulit. Kalau lokasi Ibu di Jakarta bisa konsul Dr Sri Nasar, SpA (K) di RSCM

      Salam

      Dr Ferry Andian, Sp.A

  19. makasih ibu,
    memang mnrt sy krn asupanny kurang, Makanan sdh sy coba dr instant sampai bikin sendiri, tp ya itu, cm bs 2-3 sendok bayi, pdhl makanny sdh 1/2 jam lbh, skrg sdh nasi tim, minum asip pun tdk bnyak, dr pagi s.d sy pulang, cm hbs +- 150ml, alhmdlh sy bs pulang 2x jd bs nambah2 asi..
    Perkembangannypun jd terlambat, saat ini blm bs merangkak, pdhl sdh 10bln.
    Sy konsulkan ke 2 DSA, DSA yg pertama mendiagnosa CP lvl 2, sy cr 2nd opini ke DSA lainnya, katany tdk ada tanda2 CP,
    Sy jd bingung mesti bgmn,
    Sayang skali posisi sy di klaten, ibu..

    • Ya Bu, nanti saya tanyakan ke suami… kebetulan ia ada kenalan di RSUP Sardjito… mohon maaf kami masih memakai account berbarengan. Jika ada nama suami di bawah berarti ia yg menjawab, jika tidak berarti saya yang menjawab…

      • terimakasih banyak ibu…
        Sy ingin konsen ke anak, tp terkendala pada pekerjaan..
        Tp smoga anak sy baik2 saja..
        Terimakasih

  20. Selamat malam Dok..
    Saya mohon saran dan masukkannya..
    Anak saya 5 bulan dengan berat badan 7kg, sejak awal menggunakan sufor dan sering ganti2. Awalnya menggunakan SGM Ananda (BABnya keras sehingga anak saya selalu mengejan saat BAB). Kemudian saya ganti Lactogen (BABnya hijau, bau dan 2 kali sehari), Lactogen Klasik (BABnya sama seperti Lactogen), Frisian Flag (BABnya kuning tapi 2 kali sehari). Karena anak saya mulai susah mimi susunya (mimi hanya pada saat mau tidur +- 90ml, sehari sekitar 5x90ml), maka saya dan suami putuskan untuk mengganti sufornya dengan Bonna, tetapi baru 1 hari anak saya langsung mencret, sehari bisa sampai 6x BAB.
    setelah saya periksa ke DSA, katanya mencret tidak ada pengaruhnya dengan mengubah sufornya. DSA memberikan obat dan menyuruh kami untuk sementara mengganti sufor dengan SGM LLM, alhamdulillah BABnya kembali normal, dan miminya sering.
    Saya mau tanya apakah boleh menggunakan sufor LLM setelah BABnya kembali normal?
    Sufor apa yang cocok untuk anak saya yang bisa meningkatkan nafsu miminya?

    Terima Kasih atas perhatiannya Dok..

    • Sebaiknya kembali ke DSAnya saja Bun, rekomendasi penggantian susu pada DSA… tetapi memang LLM tidak untuk digunakan jangka panjang, perlu ke sufor lain.

      Salam

      Dr Ferry Andian Sp.A

  21. Selamat pagi dok,
    saya mohon saran dan masukan dari dokter.
    anak kedua saya,atiqa, lahir dengan BB 3.1kg, smp umur 3 bulan beratnya 4.8 kg, namun karena cuti saya sudah habis, anak saya dibantu dg sufor, sebelumnya sy konsultasi ke DSA disarankan untuk tdk minum susu sapi krn anak 1 punya riwayat alergi smp usia 2thn. jadi saya kasi enfamil HA, skrg atiqa umur 13 bulan dengan berat 7.5 (tergolong rendah) namun tetap lincah, anak saya sangat susah makan meskipun sudah tekstur dan rasa sudah divariasikan, saya coba kasi puding tapi muntah, minum susu juga susah, bahkan minumnya tidak tau ngedot dah minum memakai cup feeder dg penuh perjuangan. malam harii Atiqa mimi ASI. setelah sebulan minum vitamin penambah nafsu makan, DSA sarankan minum susu Nutren, secara bertahap saya ganti susu, tapi ternyata atiqa malah batuk dan grok-grok, jadi sy kembali lagi ke enfamil HA.
    bebrapa teman menyarankan pediasure, tapi khawatir reaksi alerginya. saya mau tanya susu hipoalergenic apa yang kalorinya tinggi?
    sekarang saya bingung dok, bagaimana caranya untuk memenuhi kebutuhan kalori dan menaikkan berat badan anak saya dok.
    atas perhatiannya diucapkan terima kasih

  22. mlm dok, sy mau nanya baby sy umur 4bln, saat umur 3bln baby sy dah sulit utk mnum ASI soalny sy kn sdh msk kerja, dia lbh mmilih mnum sufor gt, akhirny sy pompa tp produksiny skr dah mnurun dok, sy hrs gmn? Baby sy dah g mau sm skali mnum ASI. Trs kdg sm nenekny kl pgi dksh autan junior biar g dgi2t nyamuk soalny lingkungn skitar dah byk yg kna DB dok. Ni td tba2 dkulit tanganny mrintis merah2 tp anggota bdn lainny tdk, kira2 tu tdk sufor ato krn autan td dok? Mksh smg saran n info dr dokter dpt membantu sy..

    • Alo Bu, maaf lambat reply

      Kunci agar hasil ASI terus diproduksi adalah rajin disusukan dan dipompa disiplin 2-3 jam sekali berapapun hasilnya. Apakah Ibu memberika ASIP melalui media botol dan dot? Jika ya kemungkinan anak tidak mau ASI karena bingung puting. Hubungi konselor laktasi (bisa via AIMI, http://www.aimi-asi.org) untuk membantu mengevaluasi masalah Ibu.
      Sebaiknya penggunaan autan dihentikan Bu, bisa dengan alternatif lain untuk menghindari gigitan nyamuk. Jika mrintis2 merah tidak membaik, berarti penyebabnya sufor

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

  23. Dok, mau tanya dong. Anak saya sekarang baru umur 3 minggu, bb 3,5 kg; bb lahir 3,0 kg/47 cm. Di awal kelahiran dulu sama istri, anak udah diberi pendampingan ASI + Sufor (frisian flag), perbandingan lebih banyak ASI. Tetapi semenjak Istri demam (panas+dingin), susu tiap hari keluar dikit & sekarang walaupun masih sering dicoba untuk keluar lewat pompa, tapi ASI hasil pompa dibuang, tidak dikasih ke anak, jadinya anak konsumsi full sufor sekarang.

    Karena sebab Istri tidak bisa kasih ASI lagi, kemarin sempat saya ganti sufor nya (dengan maksud agar ada cukup asupan gizi), dari frisian flag tahap 1 ke S-26 tahap 1. Tapi semenjak ganti S-26, buang air nya anak jadi agak keras (bola-bola seperti kotoran kambing), berbau menyengat (hampir seperti kotoran orang dewasa) dan tiap kali mau buang air besar rewel serta kelihatan mengejan, sudah saya coba encerkan dengan maksud biar buang airnya agak encer, tetapi hasilnya sama saja. Sejak itu kemudian, saya balik lagi ke frisian flag (mau ganti sufor yg lain jadi takut ada apa-apa), memang keluhan seputar BAB tidak ada lagi, bentuk kotoran anak sekarang kuning, encer (seperti butiran beras, tanpa kelebihan air), tetapi berbau agak menyengat (sama seperti pas konsumsi S-26 bau kotorannya).

    Yang mau saya tanyakan, semenjak balik lagi ke frisian flag, kenapa kami merasakan beberapa perubahan pada anak, dari fisiologis maupun psikis. Fisiologis : di pipi, dahi & kelopak mata terdapat bentol-bentol kecil mirip biang keringat; Psikis : anak kelihatan tambah rewel, setiap kali dikasih sufor/kebangun karena sesi minum (lapar) anak kami selalu merasa haus terus (padahal dosis sudah sesuai di tabel dus) dan setiap kali kami kasih minum susu lagi (biasanya sekali sesi minum sampai 2 x 60 ml) tidak lama dia muntah serta setiap kali habis minum susu sering cegukan. Apa yang terjadi sama anak saya ? Apakah dia alergi susu (karena pernah membaca artikel internet) ? Cara proses penggantian sufor dari merk 1 ke merk lain (pencampuran & perbandingan) ?

    Catatan : dulu awal konsumsi frisian flag juga sudah seperti itu (muntah setelah minum banyak) tetapi tidak rewel. Setiap kali habis disusuin langsung tidur dan takaran setiap sesi masih 1 x 30 ml.
    Trims

    Regard

    • Alo Pak,

      Memang ada kemungkinan anak intoleran terhadap laktosa sapi, sebaiknya segera konsul ke DSA sebelum memutuskan pindah jenis/merek sufor. Oya, pengenceran sufor tidak disarankan.

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

      • Maaf dok, mau tanya lagi.

        Minggu kemarin saya sempat periksakan anak terkait dengan kekuatiran saya tentang alergi susu. Kesimpulan dari pemeriksaan DSA nya (tanpa prosedur lab.), anak dinyatakan bagus pencernaannya, pada saat itu dokter menganjurkan susu diganti sama BMT Morinaga & memberikan obat mucus drop, karena analisa dokter anak saya nafas bunyi grok-grok & muntah karena kelebihan lendir.

        Selanjutnya setelah dari DSA saya ganti sufor anak dari yang sebelumnya balik ke frisian flag tahap 1 ganti ke BMT Morinaga Platinum (0-6 bulan). Baru satu hari ganti sufor tersebut, BAB anak jadi bulat-bulat lagi berwarna kuning dan campur dengan yg encer (seperti pasta) tapi berwarna agak hijau. Karena alasan tersebut, akhirnya saya balik ganti lagi ke frisian flag tahap 1.

        Tetapi semenjak balik ke frisian flag tahap 1, setelah hampir 4 hari, pada 2 hari terakhir saya lihat setiap anak BAB, di tinja nya ada sedikit noda/bercak darah merah segar (berbentuk garis atau bulat kecil), warna umum BAB dan bentuknya sebenernya masih bagus.

        Saya rencana baru besok mau periksakan anak lagi ke DSA lain, sambil mau lihat perkembangan BAB anak dulu. Kira-kira ada apa dengan BAB anak saya yg ada bercak darahnya tersebut ya dok ? Apakah karena efek mengejan pas tempo hari BAB dia bulat-bulat agak keras, atau ada diagnosis lain ?

        Trims
        Regard

      • Ada kemungkinan intoleransi, ada kemungkinan karena efek mengejan. Agak susah memang buat saya kalau tidak melihat langsung (pemeriksaan klinis)

        Salam

        Dr. Ferry Andian, SP.A

  24. sore dok,
    anak saya konsumsi sufor karena asi saya tidak keluar tapi saya sempat kasih asi selama 2 minggu setelah saya dirawat di RS anak saya sudah tidak mau lagi konsumsi asi .. saya kasih sufor enfamil yang khusus BBLR karena lahir dengan BB 2350gram Tinggi 45cm, tapi setelah 1 bulan BB menjadi 3200gram tinggi 52,5cm dan dianjurkan untuk ganti sufor Enfamil A+ dan sekarang sudah 2 bulan dengan BB 4100gram Tinggi 56,5cm. sejak saya kasih sufor anak saya sering mengejan dan Pup jg suka keras, setiap abis mnum susu selalu muntah dok. apakah anak saya tidak cocok dengan sufornya atau bagaimana ??
    terimakasih dok.

  25. Salam dok.
    Mau tanya masalah sufor. Anak saya baru berusia 3weeks, sejak lahir dy minum sufor dikrnkan asi sy tdk keluar sama sekali.. Minggu pertama kelahiran anak sy minum susu sapi bebelac & nutrilon, tapi sy lihat perubahan anak seperti alergi (bintik2 merah, BAB terlalu sering, dll). Atas saran bidan saya disuruh tukar dgn susu soya, alergi sprti bintik2 merah hilan & BAB normal.. Tetapi dlm beberapa hari yg lepas, anak sy diare,demam, batuk & muntah.. Saya terus bawa ke DSA. Dgn dokter itu, anak sy disuruh minum susu bebelac FL (non laktosa).. Alhamdulillah dgn susu itu semua sudah normal kembali. Atas nasihat dokter susu itu hanya dpt minum selama 1 minggu..

    Yang ingin saya tanya kan :
    1. Selepas minum susu tanpa laktosa, susu apa lagi yg perlu sy berikan? Sbb anak sy terlalu sering gonta ganti susu. Takut berbahaya.. DSA menyuruh sy mencoba susu NAn HA 1. Tapi sy perhatikan BAB terlalu sering. Tidak mencret, berwarna kuning & berbau. Kenapa ya dok?
    2. Perlukah sy berikan lagi susu sapi?
    3. Berbahayakah mencampurkan susu dgn madu?

  26. Salam dok.
    Mau tanya masalah sufor. Anak saya baru berusia 3weeks, sejak lahir dy minum sufor dikrnkan asi sy tdk keluar sama sekali.. Minggu pertama kelahiran anak sy minum susu sapi bebelac & nutrilon, tapi sy lihat perubahan anak seperti alergi (bintik2 merah, BAB terlalu sering, dll). Atas saran bidan saya disuruh tukar dgn susu soya, alergi sprti bintik2 merah hilan & BAB normal.. Tetapi dlm beberapa hari yg lepas, anak sy diare,demam, batuk & muntah.. Saya terus bawa ke DSA. Dgn dokter itu, anak sy disuruh minum susu bebelac FL (non laktosa).. Alhamdulillah dgn susu itu semua sudah normal kembali. Atas nasihat dokter susu itu hanya dpt minum selama 1 minggu..

    Yang ingin saya tanya kan :
    1. Selepas minum susu tanpa laktosa, susu apa lagi yg perlu sy berikan? Sbb anak sy terlalu sering gonta ganti susu. Takut berbahaya..DSA menyuruh sy mencoba susu NAn HA 1. Tapi sy perhatikan BAB terlalu sering. Tidak mencret, berwarna kuning & berbau. Kenapa ya dok?
    2. Perlukah sy berikan lagi susu sapi?
    3. Berbahayakah mencampurkan susu dgn madu?

    • Untuk konsul kesehatan anak pada DSA ya Bu, bukan pada bidan.

      Ada kemungkinan memang perlu ganti sufor, sayangnya saya tidak bisa melihat langsung, lebih baik konsulkan lagi pada DSA apa ganti merek atua beralih ke sufor basis soya

      Sangat tidak disarankan memberikan madu pada anak dibawah 1 tahun

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

  27. Halo Dok, saya mau tny. Bayi saya skrg umur 5blan bb 6,2kg. Dr lahir sampai 4bln saya ksh asi+sufor nutribaby1 tp lbih sering asi, sufor 1hri hanya 2-3x, kulitny srng merah2 trutama di bagian pipi dan dagu kemudian bayi saya kena radang tenggorokan pd usia 4bln, sejak itu bayi saya tidak mau sufor dan saya coba full asi, tapi kulit ny di pipi n dagu masih merah2, bab ny bsa 5-9hari sekali. Bab ny encer wrna kuning emas gtu, sejak asi pertumbuhan bb ny sedikit sekali, dr 4 bulan ke 5bulan hanya 200gr. Jdi 1mggu ini saya coba ksih sufor sgm 1x sehari, bab ny tiap hari(paling lama 2hri) tpi nafasny grog2 dan batuk kalo hbis bangun tidur. Dr umur 2bulan smpe sekarang 5bln bayi saya suka mual gitu dan terkadang muntah, mau tanya Dok, apa bayi saya menunjukkan tanda alergi susu sapi? Dan mual-mual itu kenapa ya Dok? Saya sudah keliling dsa di kota saya tapi gakdapat solusiny, mlh dsa ny bingung knp bayi saya mual2. Dan utk alergi dsa ny gkbsa pastiin juga.mohon petunjuknya ya Dok. Tq

    • Kalau memang tidak memugkinkan konsul ke DSA lain, bisa coba sufor basis soya. Tapi saya sarankan karena ASI masih keluar untuk fokus pada ASI, semoga di kota Ibu ada konselor laktasi yang bisa membantu. Oya masalah berpindah ke sufor basis soya, bisa dibaca ulang artikel diatas

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

  28. Dok mau nanya,anak sy sudah seminggu ini dkasih sufor kl pagi krn sy hrus brgkt kerja.tp pulang krja sktr jam 2 sampai pagi full asi.smenjak minum sufor BAB nya jd jarang.awalnya 2 hari sekali sekarang malah 4 hari blm BAB.tp anak tdk rewel dan tdk menangis.kr2 knp y dok?apa perlu ganti merk sufor?

  29. Sore dok’ .. anak saya konsumsi ASI dr. lahir sampai saat ini, usianya 21 april nanti genap 8 bulan. alhamdulillah ASI ekslusif selama 6 bulan, seiring itu pula ASI saya sudah mulai tdk mencukupi untuk anak. Di usia 8 jalan ini saya selang seling ASI dgn susu formula (BMT). Entah kenapa, sejak minum susu formula timbul bintik-bintik merah di sekitar lengan, paha, leher & kalau BAB mengejan (keras, kehitam-hitaman). Apakah itu efek dr. susu formula? mohon advicenya untuk susu soya yg infonya susu untuk anak yg alergi thdp susu sapi atau lainnya. Dan kandungan apa yg hrs di perhatikan dalam untuk perkembangan anak.
    terimakasih dok

    • Bisa jadi efek dari sufor merek tertentu atau karena efek intoleransi protein susu sapi… tolong dibaca ulang artikel di atas Bu jika hendak memutuskan beralih ke sufor basis soya. Silahkan konsul ke DSA nya ya

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

    • Perlu ke dokter jika demam 3×24 tidak turun, perlu di ukur dengan termometer ya, Bu. Banyak sekali kemungkinan penyebabnya, dan itu hanya bisa didiagnosis oleh dokter yang melihat langsung

      ASI sedikit harus dicari akar penyebabnya, sebelum memutuskan beralih ke susu formula. Banyak cara untuk tetap bisa ASIX asal Ibu punya semangat kuat

      Salam

      Dr Ferry Andian, SP.A

  30. assalamualaikum…dok..anak sy sekarang berumur 1bln7hari…lahir bb 2,4kg pj 47cm…skrg bb sudah 3,5kg..1minggu setelah melahirknan asi sy tdk keluar..keluar hanya beberapa tetes sj…kemudian sy putuskan untuk memberi sufor S26 gold…alhamdulillah anak sy cocok tidak ada gejala alergi n feses bagus…permasalahannya dok..bulan mei masa cuti melahirkan sy sudah habis. dan kebetulan tempat dinas saya agak pelosok dan sufor S26 gold tidak ada yang menjual dsana..menurut saran dokter sebaiknya s26 gold sy ganti dengan sufor apa dok? untuk smentar d sana yang tersedia SGM ananda dan bebelove…terima kasih dr,,,mohon bantuanyya
    wassalamualaikum

    • wa’alaikumsalam

      Bisa dicoba dgn sufor yang mudah didapatkan Bu . Jika anak Ibu dulu lahir cukup bulan dan sudah dicoba dengan sufor basis sapi tidak ada reaksi intoleransi, kemungkinan ganti merek yg sama2 basis sapi tidak masalah. Tapi jika berganti jenis (sapi ke soya), sebaiknya konsul ke DSA

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

  31. Assalamu’alaikum Dok,,

    Usia anak saya 2 tahun,, BB nya hanya 10kg. Sejak bayi, tidak doyan susu. Saya sudah mencoba memberikan susu mulai dari harga murah sampai yg mahal. Tapi tetap tidak mau. Sejak usia 1 tahun, saya berikan susu UHT. Tapi sehari hanya habis 100-150ml. Untuk makannya, kadang banyak kadang sedikit. tetapi ngemilnya lumayan sering, biasanya saya berikan biskuit atau roti.
    Bagaimana sebaiknya ya, Dok.. Apakah perlu asupan vitamin penambah nafsu makan atau bagaimana ya ? Mohon sarannya. Terima kasih.
    Wassalam..

    • Wa’alaikumsalam

      Tolong dicek di KMS sejak usia berapa kenaikan berat badan melambat. Berarti permasalahannya mulai muncul sejak itu. Ada kemungkinan pola makan kurang tepat dll, perlu dievaluasi dan Ibu lah yang paham bagaimana pola makan sehari-hari. Susu utk anak diatas 1 tahun tidak wajib. Vitamin penambah nafsu makan bukan solusinya, tetapi mengenali akar masalahnya dulu baru dicari solusinya.

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

  32. Ass…Dokter Ferry….Saya mau nanya nih…anak saya baru berusia 2 minggu. Skrg saya masih cuti jadi saya masih bisa ngasih ASI meskipun cuma 80%, sisanya dibantu dengan sufor. Tapi saya bingung nanti kalo saya tinggal kerja ato pd saat saya nggak bisa kasih ASIP. Padahal anak pertama ada riwayat alergi susu sapi, jadi sampai sekarang (3,5 th) masih konsumsi Nursoy. Mohon sarannya sufor apa ya yang tepat buat anak saya sebagai pendamping ASI. Trus berapa lama harus di konsumsi???apa seterusnya spt kakaknya???trima kasih banyak sebelumnya….

    • Wassalam…..diagnosis alergi susu sapi harus ditegakkan oleh ahli yg berkompeten dibidangnya. Diet untuk dibawah 6 bulan hanya ASI, bila terpaksa berikan sufor berbahan susu sapi, bila alergi gunakan susu alergi (pregestimill, nutrilon penti yunior) bila tidak mampu beli bisa dicoba partially hydrolized asam amino (HA) misal NAN HA, bila tidak ada pilihan lain baru soya. Untuk anak diatas 1 tahun susu hanya tambahan bukan yang utama.

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

  33. Dok.ank saya usia 11/2 bln dr lhir sfh mnum sufor dr bidan sy dksh lactogen stlh 1mggu sy ganti bebelove cocok tp kl mlm sering rewrl dan bolak balik mntk susu sring muntah dan cegukan..bru2 ni baby diare,sy ksh SGM LLM 3hri truz g diare lg,bsknx blik lg k bebelove mlh diare lg dan baby g mau mnum bnxk..lalu sy g

  34. Dok.ank saya usia 11/2 bln dr lhir sfh mnum sufor dr bidan sy dksh lactogen stlh 1mggu sy ganti bebelove cocok tp kl mlm sering rewrl dan bolak balik mntk susu sring muntah dan cegukan..bru2 ni baby diare,sy ksh SGM LLM 3hri truz g diare lg,bsknx blik lg k bebelove mlh diare lg dan baby g mau mnum bnxk..lalu sy gnti dgn SGM Ananda mau tp diare lg dan bab kdg wrna hijau.
    Yg mau sy tnxkn ap sufor yg baik bwt ank sy dok??pa ank saya kena alergi susu sapi?truz ap merk sufor non laktosa yg bgus

    • SGM dan Bebelove adalah sama, sama2 sufor yg berbahan dasar susu sapi. LLM hanya diperuntukan untuk intoleransi laktosa. Oleh sebab itu lebih bijak kalo bayi ibu dibawah ke dokter anak, pada usia tersebut gangguan nutrisi dapat mempengaruhi perkembangan/kecerdasan

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

      • Assalammualaikum Dok,
        sayamempunyai bayi laki2 usia 1bulan 8 hari,
        berat lahirnya 4,2 kg panjang 55 cm
        bayi sy ada celah langit langit di rongga mulutnya jadi agak susuh untuk minum susu
        sekarang bayi ku beratnya menurun dok,3,8 kg sy kasih susu formula s26 asi sy sedkit
        yg sy mau tanyakan boleh atau tidak saya ganti susu nya dengan neosure banyak yg bilang sufor ini untuk menaikan berat badan bayi
        trimakasih ya dok

      • wa’alaikumsalam

        Segera ke dokter anak ya Bu, kondisi anak Ibu perlu segera dievaluasi. Utk neosure tidak cocok bagi bayi lahir cukup bulan

        Salam

        Dr. Ferry Andian, Sp.A

  35. Pagi dok,,

    Anak saya umur 1th bb 9kg pnjg 85
    Saat ini saya kasih sufor pregestimil hypoallergic 0-12bln
    Anak saya punya riwayat alergi sufor soya dan sapi
    U/ usia 12 bln keatas di kasi sufor apa yg cocok dok?
    Apa kah bisa usia 12bln di lakukan cek darah u/mengetahui anak saya alergi terhadap apa saja
    Saat ini anak saya di kasih makanan tambahan jagung,pisang ambon,apel,semangka,pier,pepaya,labu kuning,bayam.
    Mohon bantuan dan solusi nya dok
    ⌣»̶✽̈Thank You✽̈«̶⌣

    • Coba sufor biasa…jika ada tanda alergi, tunda sampai usia 1.5 tahun. Biasanya setelah usia 1 thn sebagian besar yg dulunya intoleran sudah toleran. Karena susu diatas usia tersebut hanya tambahan maka fokuslah pada pemberian makanan padatnya

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

  36. dok,anak saya sekarang usianya 9bln tapi dia penderita alergi susu sapi dan gejalanya sekarang keliatan merah2 dikulitnya,batuk,pilek,muncul suara ngrok..ngrok kayak dahak gitu apalagi sekarang ditambah BABnya mengeras..jadi tiap BAB dia selalu menangis kesulitan..
    dulu pernah saya kasih soya tapi berat badannya sulit naik sekarang panjangnya 63cm dan berat badannya 8kg..semisal kalo saya kasih susu SGM LLM boleh ndak ya soalnya saya dengar2 itu susu buat anak diare aja tapi saya baca di kemasannya itu bebas laktosa ..gimana ya dok???tolong bantu jawab..

  37. ass dok..
    dok, nestle nan ha1 apakah boleh dipakai untuk jangka panjang? bayi saya 5m mengkonsumsi susu ini sejak 2 bulan yang lalu. apakah ada efek samping dari Partially Hydrolyzed Formula tsb dok?

    wass..
    Terima Kasih Sebelumnya dok

  38. dulu waktu ada benjolan dikepala sibaby pernah dibilang sama DSA kalo itu alergi susu sapi dok ..setelah itu suruh ganti susu soya..tapi anak saya kalo minum susu soya itu berat badannya sulit sekali naik karena makannya pun susah sekali..kira2 biar berat badannya seimbang dikasih susu apa ya dok??yg mudah dijangkau ditoko2 ..
    oya SGM LLM itu bisa ndak buat anak saya?terima kasih

  39. ass dok..
    bayi saya skg usia 8 bulan BB 8,2 kg,pd usia 3 bulan pernah kena batuk dan berdahak sehingga dadanya penuh lendir,kata dokter anak, anak saya alergi susu sapi, jd saya skg menggunakan nutrilon soya,di kulitnya muncul bintil bintil kecil dan BAB nya kadang ada lendir dan sering mengejan. setelah saya periksa ke dokter anak yang lain katanya anak saya di suruh ganti susu yang mengandung hypoalergenic dan diberikan vitamin bayi untuk pencernaan.yang ingin saya tanyakan perlukah saya mengganti sufor anak saya dari nutrilon soya ke sufor hypoalergenic?

    • Kalau betul anak alergi/intoleransi susu sapi maka pilihan sesudahnya adalah hypoalergenis (Pregistimil, nutrilon pepti junior), sedangkana soya adalah pilihan terakhir

      Salam

      Dr Ferry Andian, Sp.A

  40. dok,anak saya sekarang sudah berumur 2 bulan.semenjak lahir suda saya kasih sufor lactogen..
    karna asi saya keluar sedikit.
    setelah itu timbul bintik” merah ditangan.dan pipinya..
    setelah itu saya kasih sgm soya.bintik” ditangan n pipi sudah hilang.tapi sudah 4 hari ini timbul lagi bintik” di lehernya,dan ada cairan seperti nanah.
    gimana y dok?
    apa itu tandanya dia alergi dngan susu soya?
    terus sufor pa yg harus saya kasih ke ank saya?

  41. pagi dok,..ank sy lhr premature bb-nya wkt lhr cm 2kg smpt 2minggu minum sgm bblk hbis tu ASI trus.skr sdh umur hmpir 11blm tp kok bb-nya cm 6.3kg susah naiknya.apa asi sya sdah tdk mnckupi gizinya lg d0k? dan sya jg kpngen bntuin dgn susu formula,kira2 susu apa dok buat ank sya agr bb-nya cpt naik? sya tkut bb ank sya di KMS ke garis merah.terima kasih sebelumnya d0k,.

    • Anak Ibu betul usia 11 bln BB 6.3 kg? Kalo ya Segera ke dokter anak Bu… itu perlu penanganan cepat. Khawatir kami anak Ibu gagal tumbuh

      Salam

      Dr. Ferry Andian Sp.A

  42. sbtlnya naik 6,5kg dok tp krna mrin batuk hmpir 2minggu trus trun jd 6,3kg…byi sya tdurnya gk bs lma pling stngh jm sja klo pagi n siang,apa tdur krang jg mempengaruhi pertumbuhan d0k?solusi apa dok biar tdurnya jg kyk ank byi pd umumnya lma klau tdur,.maksudnya gagal tmbuh tu gmn dok?

    • Kalo memang benar usianya sudah 11 bulan dengan berat 6,5 kg ada kemungkinan anak Ibu tidak tumbuh sebagaimana mestinya. Apakah karena tidur, makanan, genetik, atau ada kelainan, segera ke DSA ya Bu, karena masalah gagal tumbuh adalah sangat serius.

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

  43. Dok’anak saya laki2 usia 2,9bln susah skali mkn wlo da dkasih berbagai macam menu varian tp bb x krg cuman 9kl pernah q bw kDSA dsuru minum susu pediasure tp cuma 2bln anak saya da g mau minum gmana ya dok agar anak saya bs naik bbx & tingkahe aktif sx.

  44. dok sy mo tanya anak saya umur 6bln brat badan 7,8kg dari lahir sampe skrng minum susu formula sering mencret udh sering sy ganti merek susu nya ttp msh sering mcret jg skrng saya kasi susu bebelove FL malah badan nya ada timbul bintik2 kcl merah,sy jdi binggung apa pengaruh susu nya….mhon info nya dok trimaksi.

  45. Dok,anak sy laki2 usia 14bln,BB 14,5kg.Sejak lahir udah dinyatakan alergi susu sapi,atas saran DSA maka sy kasih NAN HA. Pada saat usia 1 th oleh DSA diperbolehkan menggantinya dengan susu soya.dengan adanya pemberitaan tentang efek negatif dari kedelai apakah aman anak sy tetap minum susu soya?

    • Boleh sufor berbasis soya. Setelah 1 thn ke atas, fokus pada pemberian makanan padat, susu sbg tambahan

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

  46. Dok, anak saya berumur 8bln (8,8kg & 72cm) Asi sy kurang maka sy menambah sufor chilmill platinum kira2 240 ml/ hari, selama 2 bln ttp krn BABnya ada lendir & bercak darah slama seminggu akhirnya ke DSA( hasil lab BAB : darah samar +, Lemak 1+, Yeast 1+) DSAnya menyarankan memakai NEOCATE. Dok, apakah anak sy bs normal kembali memakai sufor biasa atau seterusnya harus dgn neocate saja trimakasih.

    • Dok, anak saya usia 1bln 23hr berat badan lahir 2,78 skrg 4 ,1 sebulan pertama sy brkn ASI, skrg sy campur dgn sufor, krn sy jarang makan, takutnya ASI kurang nutrisi, sewaktu ASI sering buang BAB bisa sampai 10kali sehari awal feses kuning kadang padat kadang encer kesininya stelah jarang makan,feses jadi haijau,, muntah setiap sudah ASI (wlupn tdk stiap saat), sering cegukan, napas grok”,
      Sufor yg diminumkan skrg S26 biasa, skrg feses kembali kuning dan ada ampasnya, dan BAB sehari 3 kali, apa sy tetap berikan ASI wallaupn sy jarang Makan, atau tetap campur sufor, supaya BB bisa bertambah

  47. Dok mau tanya, anak saya laki2 lahir premature dengan bb 1.750 kg dan skr sudah naik 2.1 kg, sebelumnya di beri s26 lbw, dan untuk s26 lbw memang susah sekali untuk dicarinya dan kalaupun ada stoknya memang sedikit.. apakah bisa di ganti dengan s26 pdf gold (premature Infants) terima kasih sebelumnya dok.

  48. dok, anak saya kembar. skrg usia 3m. abi (lahir bb 2,9kg) dan reina (lahir bb 2,3). mereka cuma ngerasain ASI sebulan, itupun sehari-harinya lbh banyak pakai sufor. dan sampai saat ini saya sudah bbrp kali ganti2 merk sufor, krn menurut beberapa dsa, abi alergi susu sapi (muncul seperti jerawat kecil2 di muka dan nafas bunyi grok grok). kalau utk reina hanya muncul kemerahan saja.

    setelah berganti merk, sudah satu bulan ini mereka konsumsi sufor soya (merk SGM), tapi kok pola BAB mereka jd kacau. abi 3-5 hari sekali (bahkan terakhir sampai 7 hari dan keras) dan reina 2 hari sekali (pup normal, ga keras/lembek).

    sebelum SGM soya, mereka minum bebelac. pola BAB terhitung normal (1-2 hari sekali). apa saya harus stop soya? tq dok

    • Susu sufor berbasis soya tidak untuk dibawah 6 bulan. Jika benar alergi protein susu sapi maka pilihan utk bayi bawah enam bulan jika menyebut merek pregistimil, nutrimigen, nutrilon pepti junior, dan neocate. Lebih baik jik konsul ulang ke DSA atau mencari 2nd opinion

      Salam

      Dr. Ferry Andian Sp.A

  49. pagi menjelang siang dok…. anak saya 1tahun 1bulan… sekarang minum susu procalgold lanjutan dari promilgold… akhir2 ini suka diare dok…gmn ya, kdg saya kasih zinkid atau lbio..sembuh trus diare kembali… rencana mau saya ganti dengan sgm LLM dok..trus skrg blom bisa jalan…msh tatah2 tp msh blom berani, klo giginya uda mau 8…,paling msh pegang meja sendiri…gmn ya dok solusi yang baik..trims

  50. anak saya berumur 3bulan. sejak usia 1bulan sudah didiagnosa alergi terhadap susu sapi. jadi untuk sufor saya memakai nutramigen

  51. anak saya berumur 3bulan. sejak usia 1bulan sudah didiagnosa alergi terhadap susu sapi. jadi untuk sufor saya memakai nutramigen dan hasilny baik. gejala alergi hilang dan tumbuh kembang baik. yg ingin saya tanyakan, sampai kapan penggunaan nutramigen ini, mengingat jarangnya d pasaran dan harga mahal. ada yg menyarankan, di mix dengan enfamil A+. bagaimana aturan penggunaan susu hipoalergenik ini? apakah pemakaian harus full hipoalergenik sampai umur 1 tahun? terimakasih dok

    • Rekomendasinya memang sampai usia 1 tahun. Jika terpaksa setelah 6 bulan bisa diganti tapi konsultasikan dengan dokter anaknya.

      Kenapa Ibu tidak mencoba relaktasi agar produksi ASI bisa keluar lagi? Silakan hubungi konselor laktasi terdekat di kota Ibu

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

  52. dok,

    anak kedua sy putra 18 Bulan beratnya 10kg dari lahir sampe sekarang susu formula NAN 1 Nutrigold, kami ada trauma pada anak pertama kami setelah gonta ganti susu pertumbuhanna kurang

    mau tanya apakah aman jika susu NAN 1 tsb sampe 2 thn ato harus ganti susu?, makannya juga agak susah, dia skrg pagi sore makan bubur bayi nestle (kacang ijo dan beras merah) susah makan nasi yg dialusin sekalipun.

    sekarang masih merambat ditembok(titah titah), belom bisa jalan

    apakah anak sy normal dok?

    thank ya dok atas advisenya

    • Untuk anak diatas 1 tahun boleh dicobakan susu biasa sambil dilihat reaksinya pada anak

      Sebaiknya konsul ke DSA tumbuh kembangnya agar segera bisa dilakukan koreksi

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

  53. Saya pnya ank umurnya 20bln,saat ini ank saya,saya brikan susu formula SGM 3,tpi dlam 2mggu ini kq sring mencret&muntah,kurus,gk mw makan.tlong ksih infonya susu apa yg baik buat pertumbuhan dy..

    • Susu apa saja setelah 1 tahun tidak banyak berbeda selama anak tidak ada alergi

      Perbaiki saja pola makannya bisa mencakup menu, jadwal makan, cara pemberian makan. Diatas 1 tahun susu adalah tambahan bukan pengganti makan.

      Jika mencret dan muntah masih berlangsung, konsulkan ke DSA

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

  54. Tgl 30 oktober kmrn ank Laki laki saya usia 3 bln, Bb nya4,3, Kl d kms sudah d garis merah,dr Saran temen disuruh kasih sufor neosure Untuk menambah berat badan.sudah 5 Hari ini sy kasih neosure dan sudah Ada tanda2 penambahan bb.yg saya tanyakan apakah tidak Bahaya diberi neosure krn waktu Lahir Tidak premature Bb 3,3kg.terimakasih.

  55. dok bayi saya BBL 2,9 kg, dari lahir minum sufor krn ibu Heb B sekarang minum bebelove 1 tp kok skrg usia 2 bln beratnya hanya 4,2 kg. bagaimana cara menaikan berat badan anak saya agar bisa normal dok? atau perlu ganti sufor? trimakasih

    • Coba dikonsulkan dulu dengan DSA anaknya jika ingin beralih sufor agar dicermati lagi faktor tumbuh kembang lainnya

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

  56. seamat malam Dok,
    saya baru memiliki seorang anak dok, usia 3minggu. atas saran dokter saat ini anak saya mengkomsumsi bebelove FL,
    yang ingin saya tanyakan, tubuh bayi saya terdapat bintik-bintik merah,sehabis minum susu, terkadang muntah,cekukan,BABnya 1x sehari,suka buang angin dan berbau seperti umumnya orang dewasa,suka kagetan,dan kalau mau minum susu suka buru-buru ga sabaran, oh…ia Dok
    kebetulan ASI istri saya tidak keluar Dok,

    selamat malam Dok, terimakasih banyak,

    • Jika memang dirasa sufornya bermasalah, konsulkan segera pada DSA nya, Pak. Karena dokternya yang bisa mencermati langsung kondisi fisik anaknya

      Untuk anak usia segitu, masih bisa dilakukan relaktasi agar ASI Ibu keluar. Bisa menghubungi konselor laktasi terdekat

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

  57. Dok sy mw nanya, ank sy usiax skrg dah 2bln sejak lahir dia sdh sofur saran dr rmh skt kasi Anmum, awalx gak ada mslh tp koQ dia msk usian 2bln dia mencret2 sy bawa k’dokter spesialis anak susux disuruh ganti u/sementara sy dikasih susu AL 110 bebas laktosa. Tp kata dokterx klo babx dah normal kembali bisa dikasih susu Anmumx tp ank sy kembali mencret. Klo boleh minta saran susu apa yah dok yg cocok buat ank sy, sementara susu AL 110 gak boleh dikonsumsi jangka panjang. Mkasih!!

    • Bila dicurigai penyebabnya protein susu sapi, maka susu penggantinya adalah pregistimil atau nutrilon pepti junior (susu alergi). Setelah 2-3 minggu coba lagi susu sapi, bila didapatkan gejala yang sama, maka kemungkinan besar alergi sufor sapi. Maka untuk seterusnya harus menggunakan susu alergi sampai usia 1 tahun. Penggunaan sufor berbasis soya hanya diijinkan untuk anak atas 6 bulan.
      Lebih lengkapnya silakan kembali ke DSA nya

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

  58. Ass…
    Dok, anak saya yang baru lahir bbl nya 1000 gr, sekarang sudah 4 minggu usianya, ASI ibu tidak mencukupi untuk kebutuhan bayi, dokter menyarankan bisa dibantu dengan susu formula nestle PreNan. berapa sendok susu yang harus dicampurkan dengan ml air? karena di petunjuk susu formulanya tidak ada berapa takaran yang harus dicampurkan dengan air/ml.

  59. Pagi Dok..
    Saya punya bayi laki2 umur 2bulan 11 hari dg BB 6,5 kg n tinggi 60 cm..dlu lahir BBnya 3,3 kg n tinggi 49 cm..
    Sejak lahir udah saya kasih sufor lactogeb gold 1 soalnya Asi baru keluar pas 3 hari stelah itu..sampe sekarang masih saya kasih sufor itu sehari 2x. Dikarenakan setelah habis masa cuti melahirkan, si kecil saya tinggal kerja, jadi pemberian Asi tidak bisa maksimal. Apakah pada usia segitu dg BB segitu berbahayakah buat kesehatannya? Kalo emang iya..apakah sufornya harus saya ganti?tp dengan sufor apa Dok sebaiknya? Mohon untuk infonya Dok..

    • Berat badan tersebut cenderung over, stop sufor. Berikan ASI dan perhatikan cara pemberian ASI yang benar

      Salam

      Dr. Ferry Andian, Sp.A

  60. dok mau tanya anak saya perempuan lahir dengan bb 2 kg, saya coba susu pre nan bb nya dlm seminggu normal, sekarang umur nya sudah 7m dengan bb 6 kg, saya sudah konsul ke dsa, kata sidokter tdk apa”dan hanya diberikan suplemen apialys,

    yg mw saya tanyakan donk, bolehkah bayi saya, saya minumkan susu bblr ???

    saya sudah memberi asupan homemade, dari yg kaya karbohidrat dan tinggi kalori (gizi seimbang)

    terimakasih dok sebelumnya

  61. Assalamualaikum dokter
    Anak sy rafa 11m bb 9,3 kg saat umur 9m yg lalu dia sempat diare ( tidak panas, cuma mencret2 sj) dan harus rawat inap karena dia tidak mau minum + makan,,, ( mungkin karena efek tumbuh gigi, karena setiap giginya bertumbuh anak sy selalu mencret)…rawat inap hanya 2 hari 1 malam untuk mengganti cairan hilang,, saat itu dokter meberi saran untuk minum SGM LLM untuk memnghentikan diarenya,,, sy sempat ragu untuk memberi SGM LLM mengingat rafa saat umur 1,5m didiagnosa alergi susu sapi (dengan keluhan nafas grok2),, namun setelah sy beri susu sgm llm alhamdulillah diare langsung berhenti dan tidak muncul gejalan alergi susu sapi ( karena sejauh yg sy tahu sgm$ llm it jg berbahan dasar susu sapi kn dokter?)

    Yg ingin sy tnyakan, jk rafa cocok saat minum sgm llm apakah it tandanya dia sudah bisa beralih k susu formula berbahan dasar susu sapi? Terima kasih dokter

    Wassalamualaikum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s